145-wirausaha-pemula-dilatih-kewirausahaan

Serang, 01 November 2021

Sebanyak 145 wirausaha pemula di Kabupaten Serang mendapatkan pelatihan kewirausahaan. Pelatihan diikuti oleh para pelaku usaha mikro yang baru atau akan memulai usahanya .

Acara pelatihan kewirausahaan bagi pelaku wairausaha pemula yang dilaksanakan di Kecamatan Pabuaran pada Hari Senin Tanggal 01 November 2021 dibuka secara langsung oleh Plt Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang, Prauri, S.H., S.Sos., M.Si. hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Usaha Mikro, Dra. Vita Agustina, MA beserta jajarannya.

Plt Kepala Dinas KOPERINDAG dalam sambutannya mengatakan pembangunan nasional dan daerah bertujuan meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi agar stabil dan dalam keadaan naik terus. Pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula dimaksudkan untuk pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran di Kabupaten Serang. “Program pendidikan kecakapan hidup terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran,” lanjutnya.

Prauri mengatakan di era new normal ini UMKM ada dalam posisi yang sangat strategis. UMKM merupakan tulang punggung perekonomian kerakyatan mempunyai peran sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian suatu daerah karena karateristiknya tersebut. “UMKM itu fleksibilitas tinggi, mandiri, dan kukuh. Selain itu sebagai wahana dan tumpuan utama bagi penciptaan wira usaha baru, juga mempunyai karakteristik keluasan daya tampung yang besar bagi perwujudan aspirasi ekonomis masyarakat luas untuk memperoleh penghidupan. Jadi dampak keseluruhan adalah UMKM merupakan salah satu solusi mengurangi angka pengangguran,” katanya.

Kepala Seksi Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro, Muhamad Zaki mengatakan kegiatan pelatihan kewirausahaan akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai tanggal 01 s/d 05 November 2021. Terdiri dari Kecamatan Pabuaran (tanggal 01 November 2021), Kecamatan Anyer Tanggal 02 November 2021, Kecamatan Kramatwatu Tanggal 03 November 2021, Kecamatan Petir Tanggal 04 November 2021 dan Kecamatan CIkande Tanggal 05 November 2021.

“Di masing-masing kecamatan pelatihan akan diikuti oleh 29 pelaku wirausaha pemula. Selain berasal dari kecamatan tempat pelaksanaan kegiatan, mereka juga dari kecamatan sekitar,” kata Zaki.

Zaki melanjutkan untuk narasumber selain berasal dari unsur Dinas KOPERINDAG, juga menghadirkan akademisi dari Universitas Sahid Jakarta, UNSERA dan UNBAJA. (IDAM).